Minggu, 10 Maret 2013

8 Elemen pendukung SEO

Ada 8 elemen pendukung SEO, yaitu:
1. Keterkaitan nama domain
2. Title (judul)
3. Meta Keyword
4. Meta Deskripsi
5. Keterkaitan konten blog/web
6. Sitemap
7. Natural Listing
8. Backlink

Mari kita bahas satu persatu:

1. Keterkaitan Nama Domain:

Cara kerja search engine pertama kali ketika dimasukkan keyword adalah menyesuaikan antara keyword tersebut dengan nama domain dari sebuah blog / website. Jadi pertimbangkan baik-baik sebelum menentukan nama domain. Usahakan nam domain dapat mencakup isi dari materi sebuah blog / website.

2. Title (judul)

Penggunaan dan penempatan title atau judul akan membantu sebuah blog untuk bertengger di urutan atas Google. Untuk itu usahakan judul blog atau artikel mempunyai korelasi antara keyword dan deskripsi dari konten sebuah blog / website.

3. Meta Keyword

Metadata mencakup semua informasi pada sebuah data. Hal ini berlaku juga untuk sebuah website atau blog. Untuk memasukkan meta data ke dalam website atau blog, anda bisa menggunakan tag meta, <meta>. Metadata yang berguna untuk mendukung SEO adalah meta keyword dan meta deskripsi.

Jika anda sudah mengatur meta keyword dan cocok dengan keyword yang dimasukkan oleh pengguna internet pada search engine,Website / blog anda akan muncul diantara website / blog yang ada.
Walaupun tidak semua pengguan internet menggunakan search engine yang sama. Bahkan ada beberapa algoritma search engine yang tidak memakai meta keyword untuk melakukan proses pencarian, tetapi sebaiknya kita tetap menggunakan meta keyword.



Penulisan meta keyword adalah sebagai berikut:


<meta content="keyword dari situs anda" name="keywords" />

script ini diletakkan diantara tag <head> ..... </head> pada document html

4. Deskripsi


Meta deskripsi tak kalah penting dengan meta keyword, kedua meta ini memang harus diletakkan di sebuah website/ blog agar mesin pencari mampu menemukan website / blog anda. Keyword dan deskripsi yang tepat akan mampu membawa website / blog anda ke peringkat atas google.



Penulisan meta deskripsi adalah sebagai berikut:


<meta content="deskriksi dari situs anda" name="description" />

script ini diletakkan diantara tag <head> ..... </head> pada document html

5. Keterkaitan Isi /Konten

Dalam konten sebuah blog kita bisa mencantumkan dan memberikan korelsi antara isi posting setiap artikel dengan keyword. Dengan korelasi yang baik, mesin pencari akan semakin bersahabat dengan blog kita. Jadi usahakan kita selalu konsisten pada apa yang kita tulis pada artikel dengan seluruh kolerasi dengan keyword, title, dan deskripsi dari blog.

6. SiteMap

Sitemap bisa diumpamakan sebagai sebuah peta seluruh isi dari website /blog kita. Dengan sitemap blog / website akan semakin mudah untuk dikenali oleh mesin pencari (search engine).

7. Natural Listing

Yaitu salah satu elemen lain untuk optimasi SEO dengan cara mendaftarkan website/blog kita ke mesin pencari (search engine) maupun ke web directory. Tidak harus banyak, cukup mendaftarkan website kita ke mesin pencari (search engine) yang popularitasnya tinggi /sering dipakai oleh pengguna internet, misalnya:
- Google ---> http://www.google.com/addurl
- Yahoo ---> http://www.submit.search.yahoo.com
- MSN ---> http://search.msn.com.sg/docs/submit.aspx
- Dmoz.org ---> http://www.dmoz.org

8. Backlink
Backlink adalah link/alamat website/blog anda yang terletak pada website/blog orang lain. Jumlah backlink adalah salah satu indikasi popularitas dari sebuah halaman website/blog.

Doddy Apriandi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright @ 2015